Arsitektur Kubah Masjid Enamel

                

Arsitektur Kubah Masjid Enamel 

Gambar terkait


                Kubah Masjid merupakan salah satu bagian paling atas dari sebuah bangunan masjid. Kubah inilah yang menjadi simbol akan keagungan Tuhan sebagai penguasa alam semesta. Kubah ini juga sebagai simbol mutlak dari sebuah bangunan masjid ketika kita melakukan penelusuran di peta datar.

                  Bentuk dari kubah masjid tidak pernah berubah. Perkembangannya adalah pada bahan yang dipakai untuk membuatnya. Bahan yang dipakai sebagai kubah biasanya adalah berbahan konvensional yaitu dari beton. Namun kini banyak jenis bahan modern untuk membuat kubah pada masjid.

                 Kubah masjid banyak dibuat dari bahan beton karena sudah terbukti ketahanan dan keawetannya. Namun kini untuk membuat kubah dari sebuah masjid bisa dari bahan selain dari bahan beton, yaitu dengan menggunakan bahan baja ringan.Bahan baja ringan yang bisa digunakan untuk membuat kubah masjid dewasa ini adalah panel Enamel dan Galvalum. Walaupun keduanya bukan dari bahan beton, tetapi bentuk dan ketahanan dari kubah tetap tidak berubah. Baik Enamel dan Galvalum tetap memberikan efek yang bagus untuk ketahanan kubah.

                  Kelebihan menggunakan bahan baja ringan untuk membuat kubah adalah lebih ringan, cepat, dan mudah. Baja ringan yang terdiri dari Enamel dan Galvalum ini lebih ringan daripada beton, sehingga pengerjaannya pun lebih cepat. Selain itu, kontruksi kubah masjid pun lebih mudah dirancang.

                  Kemudian alasan lainnya adalah kubah masjid dari  bahan baja ringan ini merupakan terobosan terbaru untuk lebih memperindah penampilan kubah. Karena kini fungsi kubah lebih untuk dekorasi masjid, sehingga menggunakan bahan selain beton pun bisa.Kelebihan lain dari pembangunan kuah memakai baja ringan, yaitu Enamel dan Galvalum adalah lebih tahan terhadap gempa. Selain itu, sangat jauh dari resiko kerusakan. Kalau menggunakan beton, ketika ada kerusakan akan sangat sulit untuk diperbaiki atau ditambal.
                 Kini banyak orang yang mengalihkan perhatiannya untuk memilih kubah masjid dari bahan baja ringan daripada beton. Efisiensi waktu dan biaya menjadi pertimbangan tersendiri. Selain itu juga didukung dengan banyaknya jasa kontraktor kubah dari baja ringan yang akan membantu masyarakat untuk mendesain dan memasang kubah pada masjid.
                 Dari setiap konstruksi kubah yang terbuat dari bahan baja ringan, akan terdiri dari 6 bahan. Diantaranya adalah bagian makara yang terbuat dari stainless steel, lapisan penutup bagian atas yang menggunakan bahan baja ringan (memakai Enamel atau Galvalum), rangka dudukan, lapisan kedap air beserta rangka dudukannya, dan hiasan plafon. Jadi, dengan sekali memesan kubah di jasa kontraktor, kita akan mendapatkan satu set pelayanan komponen pendukung kubah pada masjid.

                Pemesanan kubah masjid berbahan baja ringan adalah solusi memperindah bagian kubah pada masjid. Dengan dikerjakan para kontraktor  yang handal, maka penampilan masjid menjadi lebih indah dan mempesona. Sehingga akan banyak orang yang mengunjungi masjid dan betah beribadah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Bulan Sabit dan Bintang di Kubah Masjid dalam Konteks Sejarah

Sejarah Kubah Masjid, Kubah Bukan Warisan Budaya Islam

Kubah Masjid Terbaik di Malang